ads ads ads ads ads ads ads ads

Permen Karet Solusi Ringankan Sakit Maag

Ada kabar bagus untuk Anda yang suka mengunyah permen karet dan kebetulan kerap didera sakit maag (heartburn). Para peneliti baru-baru ini menunjukkan bahwa mengunyah permen karet dengan kandungan sedikit gula setelah makan dapat menurunkan keasaman di lambung. Permen karet merangsang produksi saliva (air liur). Nah, karena sifat air liur itu basa (alkali), makanya dapat mentralisir asam.

"Saat anda menelan air liur, hal itu akan menetralkan asam di lambung," papar Dr. David C. Metz, seorang guru besar pengobatan divisi gastroenterologi University of Pennsylvania Health System di Philadelphia. "Mengisap permen mungkin juga akan membantu mengurangi gejala maag dengan alasan yang sama".

Meningkatnya air liur juga meningkatkan pembersihan lambung, lanjut Dr. Bennett Roth, seorang guru besar dan kepala sebuah klinik gastroenterologi David Geffen School of Medicine di University of California, Los Angeles, seperti dikutip MSNBC.com

"Manakala Anda menelan air liur, pada saat yang sama lambung akan dibersihkan dari segalanya, termasuk asam," papar Roth.

Bagi orang-orang yang sesekali terserang sakit maag, mengunyah permen karet setelah makan merupakan trik yang bagus untuk mencegah gangguan nyeri ulu hati datang dan pergi, saran Roth.

Namun, orang yang sering mengalami sakit maag disarankan mencari sesuatu yang lebih efektif untuk meredakan gangguan nyeri ulu hati, misalnya obat maag jenis antasida.

Sebuah studi yang diikuti 12 orang yang mengidap gastroesophageal reflux disease (GERD) dan 24 sukarelawan berbadan sehat menemukan bahwa kadar keasaman setelah makan berkurang, baik dengan cara berjalan-jalan dan mengunyah permen karet.

Namun para peneliti menemukan, pada orang yang berjalan-jalan setelah makan pagi kadar penurunan asam lambung hanya bersifat sementara. Sementara pada mereka yang mengunyah permen karet setelah makan, efek penurunan asam lambung lebih bertahan lama, hampir 3 jam.

Efek samping yang menguntungkan bagi pengunyah permen karet adalah, pada saat yang sama mereka dapat melindungi gigi, selain mengurangi gejala sakit maag.
Category: 0 comments

No comments:

Post a Comment

Comment