ads ads ads ads ads ads ads ads

Sejarah Singkat Teknologi Selular

1. Teknologi Generasi Pertama (1G) à (FM)

Generasi pertama ini menggunakan teknik komunikasi yang disebut FDMA. Teknik ini memungkinkan untuk membagi-bagi alokasi frekuensi pada suatu sel untuk digunakan masing-masing pelanggan di sel tersebut, sehingga setiap pelanggan saat melakukan pembicaraan memiliki frekuensi sendiri (prinsipnya seperti pada stasiun radio dimana satu stasiun radio hanya menggunakan satu frekuensi untuk siarannya). Yang termasuk teknologi ini adalah :

a. AMPS (Advanced Mobile Phone Service) atau IS-136 di USA.

b. NMT ( Nordic Mobile Telephony) di Negara-negara Skandavia, dll.

» Kemampuan teknologi 1 G :

Kemampuan teknologi 1 G ini hanya dapat bisa melayani komunikasi suara saja tidak dapat melayani komunikasi data dalam kecepatan tinggi dan besar.

» Kelemahan teknologi 1 G :

Penggunaan teknologi analog pada generasi pertama menyebabkan banyak keterbatasan yang dimiliki (traffic, spektrum frek, derau).


2. Teknologi Generasi Kedua (2G) à (Digital)

Generasi 2G sudah menggunakan teknologi digital. Generasi ini menggunakan mekanisme TDMA dan FDMA dalam teknik komunikasinya. Yang termasuk teknologi 2G adalah :

a. Digital AMPS atau IS-54 atau IS-136 (D-AMPS) di Amerika Serikat.

b. GSM (Global System for Mobile Communications) di Eropa dan Asia.

c. CSD (Circuit Switched Data) di Amerika Serikat, dll

» Kemampuan teknologi 2G :

Digunakan untuk komunikasi suara, juga bisa untuk SMS, voice mail, call waiting, dan transfer data. Kelebihan 2G selain layanan yang lebih baik, dari segi kapasitas juga lebih besar. suara yang dihasilkan menjadi lebih jernih, karena berbasis digital, maka sebelum dikirim sinyal suara analog diubah menjadi sinyal digital. Perubahan ini memungkinkan dapat diperbaikinya kerusakan sinyal suara akibat gangguan noise atau interferensi frekuensi lain.

» Kelemahan teknologi 2 G:

Kecepatan transfer data masih rendah. Jangkauan jaringan masih terbatas dan sangat tergantung oleh adanya BTS (cell Tower).


Teknologi Generasi Dua Setengah (2.5G) :

Merupakan pengembangan teknologi 2G. Yang termasuk teknologi ini adalah:

a. GPRS (General Packet Radio Services).


3. Teknologi Generasi Ketiga (3G) :

º Apa itu 3G (Third Generation) ??

ITU (Intenational Telecomunication Union) mendefisikan 3G (Third Generation) sebagai teknologi yang dapat unjuk kerja sebagai berikut :

1. Mempunyai kecepatan transfer data sebesar 144 kbps pada kecepatan user 100 km/jam.

2. Mempunyai kecepatan transfer data sebesar 384 kbps pada kecepatan berjalan kaki.

3. Mempunyai kecepatan transfer data sebesar 2 Mbps pada untuk user diam (stasioner).

Kelebihan 3G dari generasi-genersi sebelumnya :
1. Kualitas suara yang lebih bagus.
2. Keamanan yang terjamin.
3. Kecepatan data mencapai 2 Mbps untuk lokal/Indoor/slow-moving access dan 384 kbps untuk wide area access.
4. Infrastruktur bersama dapat mensupport banyak operator dilokasi yang sama. Interkoneksi ke other mobile dan fixed users.
5. Roaming nasional dan internasional.
6. Bisa menangani packet-and circuit-switched service termasuk internet (IP) dan videoconferencing. Juga high data rate communication services dan asymmetric data transmission.

» Kelemahan Teknologi 3G
Memerlukan Kontrol Daya “Ideal” dan belum mencukupi kecepatan transfer data dalam melayani layanan multimedia yang memerlukan kecepatan yang mumpuni.

4. Generasi keEmpat(4G)
4G
adalah singkatan dari istilah dalam bahasa inggris fourth-generation technology. Istilah ini umumnya digunakan mengacu kepada pengembangan teknologi telepon seluler 4G merupakan pengembangan dari teknologi 3G. Nama resmi dari teknologi 4G ini menurut IEEE (Institute of Electrical and Electronics Engineers) adalah "3G and beyond"

No comments:

Post a Comment

Comment