10 Hal yang tak mampu dijelaskan oleh para sains

Ilmu pengetahuan atau sains itu mengagumkan. Namun, tidak mampu membuktikan semua hal. Di dunia ini terdapat sejumlah fenomena yang tidak dapat dibuktikan kebenarannya, bahkan oleh ilmu pengetahuan. Berikut adalah sepuluh daftar fenemona 2010 versi Livescience yang tidak mampu dipecahkan secara ilmiah.

1. Suara Gaib di New Mexico
Sejumlah penduduk dan pengunjung kota kecil Taos, New Mexico, merasa bingung dan terganggu oleh suara dengungan mirip senandung misterius berfrekuensi rendah di udara selama bertahun-tahun. Yang unik, hanya sekitar dua persen dari penduduk Taos yang mendengar suara itu. Hingga kini belum ada yang dapat mengetahui asal suara tersebut .
2. Bigfoot dan Loch Ness
Selama beberapa dekade, masyarakat di seantero Amerika Serikat kerap melihat penampakan makhluk besar, berbulu, dan tampak seperti manusia yang disebut Bigfoot. Dari banyaknya laporan, hingga kini belum ditemukan satu bukti nyata seperti mayat, gigi, atau tulang. Sama halnya seperti legenda monster danau Loch Ness. Walau sudah tak terhitung berapa banyak jumlah laporan, ilmu pengetahuan belum dapat membuktikan apakah hewan itu ada atau tidak.
3. Intuisi
Anda memiliki intuisi yang kuat? Firasat yang jarang meleset? Para ilmuwan memiliki teori bahwa seseorang secara tidak sadar "mengambil" sejumlah informasi dari dunia luar tanpa mengetahui apa, bagaimana, dan mengapa ia mengetahuinya. Aneh memang. Intuisi manusia adalah salah satu kasus yang sangat sulit untuk dibuktikan atau bahkan dipelajari oleh ilmu pengetahuan.
4. Kasus Orang Hilang Misterius
Kasus orang hilang disebabkan berbagai hal, seperti melarikan diri, diculik, tersesat, dan lain-lain. Namun, kebanyakan sejumlah kasus berakhir dengan ditemukannya orang tersebut, baik masih hidup atau mati. Namun, lain halnya dengan kasus orang yang "benar-benar" menghilang, seperti pilot wanita Amelia Earhart yang hilang di Samudera Pasifik. Untuk memecahkan kasus semacam itu, polisi saja tidak cukup.
5. Hantu
Sudah tak terhitung berapa banyak orang yang mengaku pernah melihat hantu di dunia ini. Dari sosok bayangan hitam hingga penampakkan arwah kerap muncul dalam berbagai cerita. Namun, bukti nyata keberadaan makhluk halus ini masih kabur. Sejumlah ahli berharap suatu saat dapat membuktikan fenomena yang sudah ada sejak ribuan tahun silam ini.
6. Deja Vu
Anda pernah mendengar kata Deja Vu? Atau mungkin mengalaminya? Kejadian ketika anda melihat atau mengunjungi suatu tempat dan merasa pernah datang ke sana, padahal itu adalah kunjungan pertama anda. Ya, itulah yang dinamakan Deja Vu. Berasal dari bahasa Prancis yang memiliki arti "sudah pernah melihat," fenomena ini masih tertutup misteri hingga kini.
7. UFO
Penampakan benda asing atau unidentified flying object (UFO) di udara banyak dilaporkan orang dari seluruh dunia. Benda tersebut beragam, mulai dari meteor hingga pesawat yang kerap disangka kendaraan makhluk asing luar bumi. Walaupun penyelidikan mendalam telah dilakukan dan mendapat beberapa hasil, sejumlah penampakan UFO selalu menjadi hal yang tidak dapat dijelaskan.
8. Pengalaman Sekarat
Orang yang tengah sekarat dan hampir meninggal dunia terkadang mengaku mendapat pengalaman spiritual, seperti berjalan di lorong cahaya, bertemu orang yang dicintai, melihat alam baka, dan lain-lain. Dari sejumlah laporan, belum ada satu pun orang yang kembali membawa bukti nyata dari alam lain. Berbagai pendapat mengatakan mungkin hal semacam itu hanya sebuah halusinasi dari otak yang mengalami trauma. Namun tetap saja hal tersebut tidak dapat dibuktikan secara ilmiah.
9. Kekuatan Supernatural
Kekuatan supernatural masuk dalam daftar ini karena begitu banyaknya orang yang percaya. Para peneliti telah menjalankan serangkaian tes terhadap orang yang mengaku memiliki kekuatan tersebut. Sejauh ini, hasil yang didapat belum cukup memuaskan dahaga ilmu pengetahuan. Segolongan orang mengatakan kekuatan supernatural tidak dapat diujicoba, atau dapat dikatakan mustahil dibuktikan oleh ilmu pengetahuan.
10. Kekuatan Sugesti
Anda pernah merasa kesal karena tidak kunjung sembuh dari penyakit padahal sudah meminum obat? Mungkin Anda tidak "percaya'"bahwa obat itu mampu menyembuhkan. Dari sejumlah penelitian diketahui banyak penderita penyakit yang sembuh karena menaruh kepercayaan atau sugesti obat yang diminumnya itu mujarab, padahal belum tentu ia sembuh karena obat. Menurut sejumlah ahli, kemampuan tubuh manusia mengobati dirinya sendiri jauh lebih hebat dibandingkan obat apa pun di dunia ini.

sumber : http://tekno.liputan6.com
Category: 0 komentar

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Comment