ads ads ads ads ads ads ads ads

Telepon Gratis melalui VoIP

Seiring dengan perkembangan internet di Indonesia, kini kita dapat menikmati telepon gratis. Anda mungkin pernah mendengar tentang VoIP atau telepon VoIP. Secara garis besar, kita dapat melakukan panggilan telepon atau menerima telepon dengan tidak dikenakan biaya. Untuk dapat melakukannya kedua belah pihak baik penelepon dan penerima harus memiliki koneksi internet broadband, headset dan tentunya pc atau laptop.

Bagaimana caranya ?
Pertama-tama anda harus memiliki akun VoIP. Anda dapat mendaftar ke www.voiprakyat.or.id. Pendaftarannya gratis dan mudah. Anda harus memiliki sebuah akun email untuk dapat mendaftar ke voiprakyat.

Buka browser dan ketik www.voiprakyat.or.id
Disebelah kiri, klik link “Register (Free)”

daftar-voiprakyat.jpg

Isi pada entry email, confirm email dan entry yang lain, terutama yang bertanda bintang(*). Jangan lupa untuk mengisi Security Code dan menekan tombol Submit.

form-voiprakyat.jpg

Setelah menekan tombol Submit, anda akan diberikan ID VoIP, SIP Address, IM ID dan password. Pastikan anda mencatatnya.

Sebagai contoh (bukan data sebenarnya) :
VoIP ID : 98790 ( 5 atau 6 digit nomor )
SIP Address : 98790@voiprakyat.or.id
IM ID : gili

Nomor VoIP dari gili adalah 98790. Nomor ini sama seperti nomor telepon rumah. Jika orang lain akan menghubungi anda, dia hanya perlu menekan nomor 98790.

Informasi yang tertera diatas juga akan dikirimkan ke alamat email anda.

Sekarang, untuk dapat menelepon atau menerima telepon, anda memerlukan softphone, salah satunya adalah VoIP Rakyat Communicator (VRC). VRC dapat anda download di http://voiprakyat.or.id/download/ atau http://www.voiprakyat.or.id/?inc=files&file=voiprakyat-installer-0.3.6.2.exe

Download dan install VRC di komputer anda. Untuk login ke VRC, anda memerlukan IM ID dan password. Dalam contoh diatas IM ID-nya adalah gili@voiprakyat.or.id.
Pastikan komputer anda terhubung ke internet sebelum melakukan login ke VRC. Setelah login sukses, anda dapat menekan 901 lalu Enter. Jika terdengar suara seorang perempuan yang menyebutkan tanggal dan jam dalam bahasa Inggris, maka VRC sudah terhubung ke voiprakyat. Anda bisa mengeceknya juga dengan menekan 902. Jangan lupa untuk memasang headset :)

Untuk menghubungi nomor VoIP orang lain, anda tinggal menekan nomor VoIP orang tersebut pada entry Dial lalu tekan Enter.

vrc-dialog.jpg

Adakah cara lain untuk mengimplementasikan VoIP tanpa menggunakan pc atau laptop ?
Ada, yaitu dengan menggunakan ATA(Analog Telephony Adapter). ATA adalah hardware yang memanipulasi protokol VoIP dengan menerjemahkan sinyal digital ke analog dan sebaliknya. Contoh ATA yang mudah digunakan dan lumayan terjangkau adalah Linksys SPA2102, dengan harga sekitar Rp 725.000 ( harga bulan februari 2010 ).

linksys-spa2102.jpg
Linksys SPA2102 terhubung ke internet melalui kabel RJ45 dan memiliki output 2 kabel telepon RJ11 yang dihubungkan dengan pesawat telepon. Dengan menggunakan Linksys SPA2102 anda akan memiliki 2 nomor VoIP dan tidak memerlukan pc atau laptop. Instalasi yang cepat, tidak memerlukan perawatan seribet komputer serta konsumsi listrik yang kecil, menjadikan ATA lebih cocok digunakan untuk implementasi VoIP.

Bagaimana jika letak pesawat telepon berjauhan dengan ATA ?
Keluaran (output) dari ATA adalah RJ11. Anda dapat memperpanjang dengan menggunakan terminal telepon dengan harga sekitar Rp 5.000 rupiah dan kabel telepon. Baik terminal dan kabel telepon bisa dibeli di toko alat listrik. Caranya sama seperti jika anda memperpanjang kabel telepon dirumah yang menggunakan telkom.

Bagaimana konfigurasi ATA ke internet ?
Untuk ini saya akan membahas pada posting selanjutnya

Jadi dengan ATA dan koneksi internet, saya bisa bertelepon dengan orang lain dengan gratis sama seperti saya menggunakan telepon telkom ?
Ya, Betul. Namun tidak sepenuhnya gratis, karena masih harus membayar biaya internet.

Apakah VoIP dapat digabungkan dengan telepon rumah (Telkom) ?
Ya, dengan menggunakan IP PBX. IP PBX dapat berupa software atau hardware. Contoh software IP PBX seperti Trixbox, Elastix, Briker (buatan Indonesia), sedangkan contoh hardware IP PBX seperti Linksys SPA-9000, ATCOM

Bagaimana dengan kualitas suara melalui VoIP ?
VoIP memerlukan bandwidth yang tidak terlalu besar, besar bandwidth tergantung dari codec yang digunakan. Karena VoIP “menempel” pada internet, tidak menutup kemungkinan kualitas suaranya menjadi jelek, terdengar jauh bahkan putus-putus. Hal ini terjadi jika banyak user yang mengakses internet di jaringan LAN anda atau men-download file dalam ukuran besar. Untuk mengatasi hal ini anda dapat menggunakan software atau hardware yang bisa mengatur bandwidth (bandwidth management), mengatur prioritas protokol dengan mengutamakan protokol SIP, IAX dan membuka port UDP 5060, 5061. Untuk penggunaan pribadi pada umumnya hal tersebut tidak diperlukan karena bandwidth masih tersedia cukup besar.


Tertarik menggunakan VoIP ?
VoIP cocok untuk diaplikasikan pada perusahaan yang memiliki cabang-cabang, terutama antar propinsi. Telkom Speedy saat ini sudah merambah sampai ke pelosok timur Indonesia seperti di Lombok, Sumbawa, Bima, Nusa Tenggara Timur bahkan sudah sampai kota Jayapura di Papua. Kita bisa melakukan penghematan biaya interlokal yang cukup besar. VoIP berkembang dengan pesat dan akan menjadi pemain besar di tahun ke depan seiring dengan bertambahnya kecepatan akses internet diseluruh dunia. Saat ini sudah mulai beredar handphone yang support VoIP, handphone dengan fitur Wifi biasanya memiliki fitur VoIP. Operator telepon sudah mulai memanfaatkan VoIP untuk membuka komunikasi ke luar negeri dengan tarif yang murah.


Sumber:http://www.yusiwa.com/?p=490

No comments:

Post a Comment

Comment