Ternyata Ber-internet Bisa Tingkatkan IQ

www.AstroDigi.comTernyata Ber-internet Bisa Tingkatkan IQ
Akan tetapi, di balik dampak positif, ada pula dampak negatif yang tak kalah besar.
Selama ini kita pasti sering mengkhawatirkan kondisi kesehatan jika terlalu lama di depan komputer dan berselancar di dunia maya.

Tetapi, ternyata fakta menunjukkan berselancar di internet dapat meningkatkan IQ (Intelegent Quotient) dan meningkatkan memori pada orang dewasa.

Tim dari University of California (UCLA), Los Angeles, Amerika Serikat meneliti otak partisipan yang berselancar di internet untuk mencari laman tertentu selama satu jam per harinya.

Setelah lima hari, area prefrontal cortex, yang mengontrol kemampuan membuat keputusan dan berintegrasi dengan informasi kompleks semakin aktif.

"Padahal area prefrontal cortex, tidak begitu aktif saat pertama kali dilihat," kata Gary Small, profesor Ilmu Psikiatri dan Tingkah Laku dari UCLA seperti VIVAnews kutip dari Daily Mail, 15 Desember 2009.

"Pada pengguna internet yang secara teratur berselancar selama satu jam setiap hari, setelah lima hari, terlihat area tersebut sangat aktif. Hal itu menunjukkan fungsi otak dapat berubah dan meningkat dengan penggunaan internet," tambah Small

Small juga menjelaskan, penelitian ini menunjukkan rata-rata IQ akan meningkat dengan berkembangnya budaya digital. Akan terjadi peningkatan pada kemampuan untuk memproses informasi secara cepat dan melakukan banyak hal secara bersama tanpa kesalahan. Bahkan, hal-hal kecil seperti mensortir e-mail, dapat meningkatkan kemampuan dalam pengambilan keputusan.

"Menyeleksi dan membersihkan e-mail dalam inbox setiap hari, juga bisa meningkatkan kemampuan seseorang menentukan e-mail yang terpenting di antara ribuan e-mail yang masuk setiap harinya," kata Small.

Tetapi, dibalik dampak positif internet, ada dampak negatifnya yang tidak kalah besar. Kemampuan interpersonal bisa berkurang, Anda jadi kurang perhatian dengan keadaan sekitar dan mengurangi kualitas hubungan dengan orang lain.

"Jika bekerja seharian di depan komputer, imbangi dengan banyak melakukan sosialisasi dan bertatap muka dengan teman atau saudara saat akhir pekan. Hal itu lebih baik daripada menggunakan laman jejaring sosial," tambah Small.

sumber: vivanews
Category: 0 komentar

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Comment